Cara Memasang Google Translate Di Opera Mini 4.2

Pernah gak sewaktu kita sedang browsing, kita memasuki halaman yang berbahasa asing ? Kalau situs-situs berbahasa Inggris mungkin kita masih bisa mengerti dan paham isi halamannya. Tapi kalau situs yang kita kunjungi ternyata berbahasa China, Jepang, Yunani, atau yang lain, bagaimana?

Di sini saya ada sedikit tips untuk pengguna Opera Mini 4.2 yang hobi surfing di internet. Yaitu menerjemahkan halaman web berbahasa asing ke bahasa Indonesia dengan menggunakan Opera Mini 4.2.

Tips ini sangat sederhana, yaitu dengan memanfaatkan fitur Search Engine pada halaman awal Opera Mini dengan menekan tombol "#" dan "9".

Caranya, kunjungi link di bawah ini :

http://translate.google.com/m?hl=en&sl=auto&tl=id

Nanti kamu akan di bawa ke halaman Google Translate. Dan di sana akan ada kotak pencarian. Masuk ke text box nya, lalu tekan tombol Option / Pilihan. Dan akan muncul 2 pilihan lagi, yaitu :
OK dan Create Search Engine, kamu pilih yang "Create Search Engine" lalu tekan "Save" / "Simpan".

Selamat, sekarang Google Translate sudah terpasang di halaman awal Search Engine Opera Mini 4.2 kamu. Agar lebih mudah lagi dalam pemakaiannya, kamu bisa menekan tombol shortcut : "#" + "9".

Cara memakainya :

Copy URL yang akan kamu kunjungi, tentunya yang berbahasa asing.
Setelah kamu Copy, buka Menu Search Engine di halaman awal Opera Mini dengan menekan "#" + "9",
Pilih Search Engine yang sudah kamu pasang tadi, yaitu GOOGLE TRANSLATE, dan pastekan URL yang sudah kamu Copy. Klik OK. Tunggu sampai loading selesai, dan Sekarang halaman web yang kamu kunjungi sudah berbahasa Indonesia.

2 komentar: